Langsung ke konten utama

MODUL AJAR SMK FASE E (KELAS X)

 

 MODUL 1

PENGGUNAAN DAN PERAWATAN PERALATAN DI BIDANG AGRIBISNIS TERNAK

 

 

 


A.    Identitas Modul Ajar

Nama Penyusun    : Harianto Arbi, S.Pt., Gr

Institusi                 : SMK Negeri 1 Woyla Aceh Barat

Program Keahlian : Agribisnis dan Agriteknologi

Mata Pelajaran      : Dasar - Dasar Agribisnis Ternak

Elemen                  :  Proses Bisnis Secara Menyeluruh di Bidang Agribisnis Ternak

Tahun                    : 2023/2024

Jenjang Sekolah    : SMK

Fase                       : E

Alokasi Waktu      : 12 JP

B.     Kompetensi Awal

1.      Mengetahui apa saja peralatan di bidang peternakan

2.      Memahami tata cara perawatan peralatan di bidang peternakan

3.      Memahami tata cara penggunan peralatan di bidang peternakan

4.      Memahami fungsi alat yang digunakan dalam bidang peternakan

C.    Profil Palajar Pancasila

Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dikembangkan melalui salam dan berdo’a sebelum dan sesudah melakukan pembelajaran.

Bernalar kritis dikembangkan dengan mengetahui fungsi alat pada bidang peternakan..

Mandiri dikembangkan dalam menghitung kebutuhan peralatan ternak.

Kreatif dikembangkan dengan melakukan perawatan alat pada bidang peternakan..

Gotong royong dikembangkan dengan bekerjasama dan berkolaborasi dengan teman-teman sekelompok untuk mencari solusi terhadap suatu permasalahan.

D.    Sarana dan Prasarana

Alat dan bahan:

1.      Komputer/ Laptop/ SmartPhone

2.      LCD/ Proyektor

3.      Jaringan Internet

4.      Laboratorium Agribisnis Ternak Unggas/ Ruang Praktek Siswa

5.      Papan Tulis

6.      Spidol

7.      Peralatan Peternakan

E.     Media Pembelajaran

1.      Lembar Kerja Peserta Didik (Terlampir)

2.      Instrumen Penilaian (Terlampir)

3.      Internet :

4.      https://youtu.be/d9nrT2uT18U?feature=shared

https://youtu.be/eyd7pb0_Nso?feature=shared

5.      Kumpulan bahan belajar di google drive:

https://drive.google.com/drive/folders/1lgFQPxJbtR-BI-BfF1D3Xgdq9bvwp7_1?usp=drive_link

 

F.     Capaian Pembelajaran (CP)

Pada akhir fase E, peserta didik mampu memahami tentang proses bisnis secara menyeluruh manajemen produksi bidang agribisnis ternak, antara lain penerapan K3LH, perencanaan produk, mata rantai pasok (Supply Chain), logistik, proses produksi, penggunaan dan perawatan peralatan di bidang agribisnis ternak, serta pengelolaan sumber daya manusia dengan memperhatikan potensi dan kearifan lokal.

 

 

 

 

 

 

 

G.    Tujuan Pembelajaran (TP) dan Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP)

Tujuan

Pembelajaran

Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran

Kode

Memahami penggunaan dan perawatan peralatan di bidang agribisnis ternak

1.1  Mengetahui apa saja peralatan di bidang peternakan

KKTP 1

1.2  Memahami fungsi alat yang digunakan dalam bidang peternakan

KKTP 2

1.3  Memahami tata cara penggunan peralatan di bidang peternakan

KKTP 3

     

Pendekatan

Model Pembelajaran

Metode Pembelajaran

Saintifik

Discovery Learning dan Project Base Learning

 

Presentasi, diskusi, Presentasi,  Tanya jawab, Praktek

 

H.    Pemahaman Bermakna

Bidang peternakan dapat dikatakan salah satu hal yang sangat menentukan dalam kehidupan masyarakat. Berbagai macam hal telah dilakukan oleh para ahli untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi, sama halnya dengan usaha lainnya, usaha dalam bisang peternakan dibutuhkan berbagai macam peralatan, guna untuk menunjang proses dalam pemeliharaan ternak. Alat pada bidang peternakan merupakan fasilitas pendukung dalam usaha peternakan yang berupa mesin, instrument dan alat bantu lainnya. Diharapkan agar siswa dapat memahami apasaja peralatan yang diperlukan dalam bidang peternakan serta fungsi dan metode pemakaiannya.

I.       ASESMEN

1.      Asesment Awal

2.      Asesmen proses (Diskusi, Presentasi dan Praktik)

3.      Asesmen akhir (Unjuk kerja)

 

 

 

J.      PENGAYAAN DAN REMIDIAL:

Pengayaan :

Peserta didik mempelajari lebih lanjut mengenai cara menggunakan alat pada bidang peternakan, fungsi alat dan perawatan peralatan dalam bidang peternakan.

Remidial:

Peserta didik mempelajari kembali mengenai fungsi alat dalam bidang peternakan

 

K.    REFLEKSI PESERTA DIDIK

Peserta didik mendengarkan pertanyaan reflektif yang diajukan oleh guru, antara lain:

1. Peserta didik diminta untuk menyimpulkan materi yang telah dipelajari

2. Peserta didik diberikan penguatan kembali terhadap materi yang telah diberikan oleh guru

 

L.     KEGIATAN PEMBELAJARAN

Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran:

a.       Mengetahui apa saja peralatan di bidang peternakan

b.      Memahami fungsi alat yang digunakan dalam bidang peternakan

c.       Memahami tata cara penggunan peralatan di bidang peternakan

A.   Pendahuluan

a.       Guru mengucapkan salam

b.      Peserta didik beserta guru melakukan do’a bersama

c.       Guru melihat dan mengecek kahadiran siswa

d.      Guru memberikan apersepsi terkait dengan peralatan dalam pemeliharaan ternak unggas:

                       i.      Ada yang pelihara ayam di rumah?

                     ii.      Apasaja alat yang pernah kalian lihat dalam kandang ayam?

                   iii.      Untuk apa peralatan tersebut?

e.       Peserta didik mengerjakan Asesmen di awal pembelajaran:

Kriteria

Asesmen

ya

tidak

Saya dapat  menjeaskan  apasaja peralatan yang dibutuhkan dalam pemeliharaan ternak

 

 

Saya     mengetahui fungsi dari peralatan yang digunakan pada pemeliharaan ternak

 

 

Saya memahami fungsi alat yang digunakan

 

 

 

      Format rekapan hasil asesmen:

No

Nama

KKTP 1

KKTP 2

KKTP 3

ya

tidak

ya

tidak

ya

tidak

1

 

 

 

 

 

 

 

2

 

 

 

 

 

 

 

3

 

 

 

 

 

 

 

4

 

 

 

 

 

 

 

5

 

 

 

 

 

 

 

6

 

 

 

 

 

 

 

7

 

 

 

 

 

 

 

8

 

 

 

 

 

 

 

9

 

 

 

 

 

 

 

10

 

 

 

 

 

 

 

dst.

 

 

 

 

 

 

 

 

Tindak lanjut dari hasil asesmen diawal pembelajaran ;

1.   Peserta didik akan dipetakan sesuai dengan ketercapaian KKTP yang telah dilampau

2.   Peserta didik akan        menjalani    pembelajaran sesuai dengan ketercapaian yang diperolehnya atau pembelajaran diiferensiasi

3.   Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan kriteria penilaian yang diukur dalam pembelajaran yang berlangsung

 

 

 

 

B.   Kegiatan Inti

KKTP 1: Mengetahui apa saja peralatan di bidang peternakan

1.      Guru mengarahkan peserta didik untuk memperhatikan video edukasi tentang alat-alat dalam pemeliharaan ternak unggas

2.      Peserta didik menyimak video yang ditampilkan oleh guru

Link Youtube:

      https://youtu.be/P809RckjUuQ?si=MX6iKVnJGhJgk7II

      https://youtu.be/QOZFGD7QWj0?si=3rdmCYhrcyIQHiGv

      https://youtu.be/ktovgd83bqI?si=zFPE07hQk_-_5uNV


3.      Peserta didik berdiskusi mengenai permasalahan dari vidio yang ditampilkan , hasil diskusi di kerjakan di lembar kerja  peserta didik (LKPD 1 terlampir)

Bahan bacaan terkait materi penggunaan dan perawatan peralatan di bidang agribisnis ternak tersedia di link google drive ini: https://docs.google.com/document/d/1_JRhJNkGWljwLoD-fWRgnWsL15N28g8DQbV07IhOapc/edit?usp=drive_link

4.      Peserta didik melakukan analisis terkait kriteria penggunaan dan perawatan peralatan di bidang agribisnis ternak dan menyajikan hasil diskusinya dan peserta didik lain memberikan umpan balik

5.      Peserta didik didampingi guru melakukan evaluasi terhadap hasil analisis terkait menentukan penggunaan peralatan di bidang agribisnis ternak

6.      Guru melakukan evaluasi formatif terhadap kegiatan  pembelajaran yang berlangsung dengan Indikator keberhasilan sebagai berikut:

Kegiatan KKTP 1

Indikator ketercapaian belajar

Mengetahui apa saja peralatan yang digunakan pada bidang peternakan

Menjelaskan alat-alat pemeliharaan ternak unggas

Menjelaskan alat-alat pemeliharaan ternak ruminansia

Membangdingkan peralatan pemeliharaan ternak unggas dengan ternak ruminansia

 

Rubrik Asesmen KKTP 1 Kegiatan Penentuan Syarat Bahan Pakan Ternak:

Kriteria

K

BK

Peserta didik menyebutkan minimal 5 item alat dalam pemeliharaan ternak unggas dan rumansia yang ditampilkan dalam vidio dan google drive

 

 

Peserta didik dapat menjelaskan alasan peralatan tersebut digunakan

 

 

Peserta didik dapat mengevaluasi persyaratan pemilihan peralatan pemeliharaan ternak

 

 

Peserta didik dapat menguatkan hasil diskusi dengan literatur

 

 

Peserta dapat menganalisis dari hasil identifikasi hasil diskusi

 

 

Peserta didik dapat menyimpulkan dari hasil diskusi

 

 

         Keterangan:

         K     : Kompeten

         BK  : Belum Kompeten

 

7.      Guru memberikan penguatan terkait penentuan syarat bahan pakan ternak

 

C.   Penutup

1.      Peserta didik menyimpulkan materi yang dipelajari selama pembelajaran

2.      Peserta didik melalukan refleksi terkait pembelajaran yang telah berlangsung

3.      Guru memberikan kesimpulan terkait materi pembelajaran pada hari ini

4.      Guru menyampaikan topik pada pertemuan berikutnya

5.      Peserta didik dan guru melakukan do’a bersama

6.      Kegiatan pembelajaran diakhiri


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bangsa-Bangsa Sapi Didunia

Bos taurus a.    Sapi Aberden-Angus Sapi jenis ini berasal dari daerah Skotlandia,dengan ciri-ciri berbulu hitam agak panjang, keriting, halus, dan tidak bertanduk. Berat sapi jantan dewasa sekitar 900 kg dan berat betina sekitar 700 kg.Sapi ini termasuk kedalam sapi pedaging dengan bentu tubuh yang panjang dan kompak,karkasnya menghasilkan daging yang sangat baik mutunya dan terkenal terdapat marbling atau penyebaran lemak dalam daging. b.    Sapi Hereford Sapi ini terkenal dengan dagingnya yang bermutu baik dan warna nya yang unik dan kadang-kadang juga disebut sapi berjuka putih.Sapi ini mempunyai kemampuan tahan terhadp cuaca ekstrim.Sapi ini termasuk dalam jenis sapi potong dengan bobot sapi jantan dewasa sekitar 850 kg dan bobot sapi betina dewasa sekitar 650 kg. c.     Sapi shorthorn       Jenis sapi ini dibagi menjadi dua yaitu sapi Shorthorn pedaging dan Shorthorn perah. Sapi Shorthorn t...

Contoh Laporan Ilmu Produksi Ternak Potong Mahasiswa Peternakan Unsyiah

Laporan Produksi Ternak Potong KUNJUNGAN KE BPTU-HPT INDRAPURI Oleh: Harianto Arbi NIM: 1305104010023 JURUSAN PETERNAKAN FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA DARUSSALAM, BANDA ACEH 2015 BAB I PENDAHULUAN 1.1 Latar Belakang           Peternakan merupakan salah s atu usaha yang sangat menggiurkan hasilnya . Usaha peternakan ruminansia saat ini memiliki prospek usaha yang sangat bagus , dimana kebutuhan konsumen akan produk daging, susu, kulit ,dan lain-lain pada setiap tahunnya semakin meningkat secara signifikan , salah satu contohnya adalah sapi Aceh, sapi Aceh merupakan sapi yang berasal dari provinsi Aceh, Indonesia. Balai Pembibitan Ternak Unggul dan Hijauan Pakan Ternak yang ada di Aceh, tepatnya di Indrapuri merupakan wadah untuk melestarikan sumber daya peternakan sapi aceh sekaligus tempat untuk mencari plasma nutfah sapi aceh. ...